Tips Jalan-jalan Smart Agar Tetap Hemat

Suka traveling tapi takut boros? Jangan khawatir, saya punya tips jalan-jalan yang smart biar kantong kita nggak jebol. Memang ya, yang selalu kita pikirkan saat mau pergi traveling takut duit kita bocor ngalir deras nggak bisa dibendung. Akhirnya boncos deh. Kadang-kadang kita nggak ngeh melakukan pengeluaran apa saja selama perjalanan, pas sudah sadar duit sudah tipis. Padahal traveling perlu banget setelah berbulan-bulan bekerja, belum lagi kalau lembur yang bikin badan auto pegal.



Tips ini tentu bukan diperuntukan untuk para sultan atau Luxury Traveler, tapi bisa saja sih, kan mereka juga banyak yang berhemat meski duit mereka sulit habis. Ingat ya guys, hemat pangkal kaya, dan pemborosan bukan perilaku yang baik. Nah, buat kita para traveler ngenes yang idealisme-nya luar biasa nggak masuk akal, sangat penting untuk berhemat agar kebutuhan yang kita inginkan bisa tercukupi.
Amir Traveler, Amirul Faozi, Traveling, Travel



1. Persiapkan dana traveling

Sebelum memulai traveling maupun liburan, sebaiknya kita tentukan tujuan liburan dan anggaran yang kita miliki. Buat perkiraan biaya yang harus dikeluarkan untuk hal-hal pokok saat traveling seperti biaya transportasi, penginapan, makanan, dan berbagai kegiatan selama eksplorasi. Jangan sampai kita menghabiskan semua uang di awal perjalanan. Buatlah anggaran yang cukup fleksibel untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal yang tak terduga.

2. Pilih momen yang pas
Pengalaman saya traveling saat sedang puncaknya musim liburan bukannya hepi, yang didapat malah momen suram gagal hepi karena jalanan macet total.


Pertama-tama, cari tahu kapan waktu terbaik untuk mengunjungi destinasi yang ingin kita singgahi. Cari tahu musim liburan dan musim puncak, dan hindari berkunjung pada saat itu. Biasanya, harga tiket pesawat, akomodasi, dan transportasi akan lebih mahal pada waktu tersebut. Berdasarkan pengalaman saya, selain harga tiket agak mahal, saya juga harus umpel-umpelan di jalan hanya untuk melewati pintu masuk.

3. Booking Tiket dan Akomodasi Secara Online
Hindari membeli tiket pesawat atau kereta api langsung di stasiun atau bandara karena harganya bisa lebih mahal. Coba kalian booking tiket secara online di situs-situs travel yang menyediakan diskon dan promo menarik.


Sama halnya dengan akomodasi, coba cari hotel atau penginapan yang menyediakan diskon khusus untuk pemesanan online. Kalian juga bisa pilih homestay yang sederhana saja, yang penting nggak terlalu jauh akses ke fasilitas publik.


4. Siapkan Kebutuhan Pokok Sebelum Keberangkatan

Obat-obatan, peralatan mandi, makanan ringan, dan kebutuhan dasar yang sekiranya akan diperlukan selama bepergian, lebih baik dipersiapkan sebelum keberangkatan. Barang-barang tersebut biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal di sekitar tempat wisata, mengingat hampir setiap orang pasti membutuhkannya.


5. Makan di Warung atau Restoran Lokal

Urusan perut juga nggak ketinggalan. Makan di restoran terkenal pastinya lebih mahal. Coba deh, cari warung atau restoran lokal yang menyediakan makanan yang sama enaknya namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Coba cari tahu kuliner khas daerah yang sedang dikunjungi. Bisa dengan mencoba kuliner unik dan murah meriah. Sayang kan kalau kita nggak mencicipi makanan lokal khas daerah yang sedang kita singgahi. Selain lebih syahdu, mencicipi makanan lokal pastinya membuat perjalanan kita semakin bercerita.

6. Gunakan Uang dengan Bijak

Jika tujuan kita adalah refreshing dari rutinitas setiap hari, alangkah baiknya jika kita tidak menjadikan belanja sebagai prioritas. Sering kali kita lapar mata saat mengunjungi pusat perbelanjaan atau pusat oleh-oleh. Kadang-kadang ‘penyakit’ kita itu tergoda untuk membeli barang dengan harga miring tanpa memikirkan kegunaan barang tersebut ke depannya.

Kalau bisa, uahakan lebih menahan diri dan bertanggung jawab atas barang yang sudah dibeli. Lebih baik lagi jika membatasi anggaran berbelanja selama liburan menjelang keberangkatan. Kalau perlu kita bisa catat dengan rinci pengeluaran kita. Lumayan kan bisa disimpan buat next trip.

Cara orang untuk berhemat mungkin berbeda dari yang saya lakukan. Intinya kita harus manage uang kita dengan bijak biar nggak lari. Dan tentu saja bertanggung jawab dengan pengeluaran kita. Apalagi saat traveling, pengin coba ini itu, semuanya. Itu dia beberapa tips dari saya, kalau versi kalian bagaimana?

12 komentar
  1. Entah kenapa aku malah lebih suka beli tiket booking lewat online, mungkin karna banyak diskon atau promonya kali ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, selain bisa dapet promo dari platform, juga ga perlu antri buat beli tiket jauh jauh hari

      Hapus
  2. Artikelnya cocok banget buat yang sering trevel jauh-jauh sampai luar kota. Untuk saya malah belum pernah. Tapi sangat bermanfaat banget untuk bekal saya jalan-jalan (pas bulan madu, tapi gak tau nikahnya kapan).

    Untuk saya sendiri suka perjalanan yang tidak terlalu jauh, contohnya ya keliling jabodetabek saja. Tapi ada poin yang sama, tepatnya masalah yang sama, yaitu tentang beli oleh-oleh.

    Sebeneranya saya gak sering jajan tapi karena kata “aji mumpung” kadang sekalinya saya jajan langsung dah borong jajan. (Di sinilah saya merasa butuh bendahara pribadi 🥹)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah keliling jabodetabek.
      bener juga sih aji mumpung, oleh-oleh diborong semua, tapi kali sekali-sekalinya berkali-kali repot juga wkwk. secukupnya aja dah

      Hapus
    2. Nanti kalo ada kesempatan main ke Jakarta kabar kabar mas, siapa tau butuh kawan yang merepotkan 🫢

      Hapus
  3. Setuju, urusan perut ada baiknya makanan lokal, sekalain mengetahui lebih detail tentang kuliner daerah setempat.

    BalasHapus
  4. budgeting memang sangat perlu sebelum melakukan perjalanan. Buat yg tujuan wisatanya memaksimalkan berkunjung ke beberapa tempat, biasanya hindari penginapan yg fancy, cukup yg nyaman buat istirahat dan tentunya pesan online memang lebih murah. Makan makanan lokal dan meminimalisir beli oleh-oleh, selain hemat bisa gak bikin repot bawa2nya :D

    BalasHapus
  5. Wah, tips yang kece nih mas. Iya dong beli tiket jalan2nya jauh2 hari. Senangnya bisa dapat promo itu udah bikin hati kegirangan ya hehehe. Urusan makan juga lihat2 aja cari yang warung makan dan resto lokal, ga akan boros deh.

    BalasHapus
  6. Bw balik mas...iya..bener juga si..kalo jalan pas hari libur ato tgl merah malahan macet...biaya kadang membengkak di luar perkiraan,makasih tips nya mas..biar saya juga bisa berhemat kalo jalan"yg jauh😀🙏

    BalasHapus

Tinggalkan jejak dong bray!