5 Travel Blogger Indonesia Paling Terkenal dan Inspiratif

Travel blogger adalah seseorang yang menulis tulisan-tulisan tentang perjalanannya di blog. Travel blogger bisa menghasilkan uang dari hobinya berjalan-jalan. Tapi tidak serta-merta segampang membalikan telapak tangan, jalan-jalan langsung dapat uang. Tidak! menjadi travel blogger tentunya butuh keyakinan, skill, dan konsistensi. 

Bisa dibilang sebenarnya travel blogger adalah para influencer di bidang menulis tentang jalan-jalan atau traveling, dan gara-gara itu juga saya jadi nekat bikin travel blog dan berharap bisa seperti mereka (ngayal). Saya nggak nyangka aja dari membaca kisah-kisah mereka malah jadi kenal banyak orang yang punya hobi serupa. Tapi sayang ya di jaman now sepertinya sudah jarang ada orang baca blog.

Baca blog traveling itu penting untuk bisa dapat banyak info penting seperti budget, itinerary, dan transportasi yang bisa jadi acuan buat perjalanan kita.
Itinerary adalah daftar rencana kegiatan beserta perkiraan biaya yang diperlukan selama perjalanan ke destinasi wisata.
Selain itu, baca pengalaman orang lain juga bisa membuat kita tertarik untuk eksplor tempat-tempat baru.

1. Trinity Traveler (naked-traveler.com)

Siapa sih yang nggak tahu Trinity Traveler? Beliau ini, huft. Sudah backpacking ke berbagai belahan dunia. Bayangkan, ketika memulai blognya yang berjudul Naked Traveler sejak tahun 2005, umur saya masih 5 tahun. Nggak heran sih, beliau ini salah satu traveler kondang di tanah air. Kebayang kan? kisah-kisah yang kita tulis bisa meng-influence banyak orang meski lintas generasi. Selain menulis di blog beliau juga telah menulis beberapa series buku yang mengisahkan petualangannya selama traveling. Bahkan kisah perjalanannya pun pernah diangkat dalam film berjudul "Trinity Traveler". Keren banget memang bu Trinity ini!

2. Arif Rahman (backpackstory.me)
Backpacker favorit saya nih. Saya sangat senang baca-baca kisah perjalanan di blognya dan kebetulan juga saya punya saudara seumuran yang namanya sama. Gaya story telling artikelnya membuat saya selalu ngebayangin menjadi tokoh utama dalam cerita-ceritanya. Pokoknya sudah kayak naca novel.

3. Catperku (catperku.com)
Catperku merupakan singkatan dari "Catatan Perjalananku" salah satu blog tentang traveling yang dikelola oleh bang Fahmi alias bang Rijal. Blognya aktif menulis artikel mengulas destinasi-destinasi wisata yang ia kunjungi mulai dari wisata domestik hingga mancanegara serta cerita pengalaman-pengalaman saat traveling di blognya.




4. Wira Nurmansyah (wiranurmansyah.com)
Foto-fotonya bang wira itu lho, kece abis. Nggak heran, selain menulis tips tentang traveling, bang Wira juga kerap unjuk kebolehan di bidang fotografi. Bang wira juga kerap wara-wiri menjadi pembicara di berbagai workshop di bidang fotografi dan traveling.



5. Sutiknyo (lostpacker.com)
Katanya, mr Sutiknyo suka "tersesat". Lah kok bisa? setidaknya itu yang saya kutip dari laman blognya. Tidak hanya wisata lokal yang disinggahi lostpacker, tapi juga mancanegara. Fotonya juga bagus-bagus membuat saya terkesima melihatnya.
 

Dan masih banyak lagi...
Sebenarnya ada banyak sekali traveler di luar sana yang menginspirasi yang nggak semua bisa saya ulas. Para travel blogger ini punya style travelingnya sendiri dalam berbagi pengalamannya. Hmmm, kalau saya masih pemula, baru jalan-jalan keliling pekarangan rumah dulu sok asik

Itulah para traveler Indonesia inspiratif. Reputasi mereka memang sudah nggak diragukan lagi. Selain menulis di blog personal, tulisan mereka juga kerap dimuat di majalah-majalah travel, salut! Menurut kalian siapa traveler favorit kalian?
11 komentar
  1. Saya pernah baca yg Naked traveler itu aja,kalo ga salah yg sepasang suami istri itu pan...saya jadi malu..blog saya pun ada label travelingnya..padahal mah jalan doank seputeran rumah🤭😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe nggak jauh beda sama saya 😅

      Hapus
    2. Eh ternyata bukan diink..kirain yg suami istri itu...😁🙏🤦

      Hapus
  2. Untuk yang ke 4 dan yang ke 5 saya sudah pernah berkunjung di blognya.

    Foto-foto mereka luar biasa. Saya demen banget liatnya serasa ingin ikut jalan terus belajar langsung dari mereka.

    Eh tapi siapa saya 🤧🤧,

    Makasih mas informasinya saya malah baru tau tentang naked-traveler. (Saking kudetnya saya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, karena selain traveling mereka jual hunter spot foto untuk majalah, jadi ya mereka adalah pekerja profesional. mantap

      Hapus
    2. Ternyata foto mereka untuk mengisi majalah juga. 🤩🤩

      Hapus
  3. matur nuwon mas atas info traveller famous nich., nnti aku liatin blog mereka ya., ;p

    BalasHapus
  4. Mereka blogger panutan semua. AKu puya buku The Naked Traveler itu. Isinya super keren. Blog2 traveling yang wajib dibaca ini mah.

    BalasHapus
  5. itu dari hobi jalan2 sampai punya blog, memang cita2 dah hehe

    BalasHapus
  6. Trinity emang jadi inspirasi banyak orang buat suka jalan2 ya, saya pun begitu :)
    kalau lostpacker sekarang sudah mulai beralih jadi vlogger deh...

    BalasHapus

Tinggalkan jejak dong bray!