Review Modem WiFi Telkomsel Orbit Star Lite Black


Telkomsel Orbit bisa jadi alternatif dan solusi untuk kendala pemasangan internet kabel yang masih sulit terlebih di pedesaan. Namun tetap harus cek jangkauan sinyal di wilayah masing-masing secara mandiri melalui website myorbit.id.

Suasana pedesaan memang selalu bisa membuat hati jadi adem ayem tanpa suara bising kendaraan, dan identik dengan adanya area persawahan. Wui…… enak bener hidup! 

Salah satu hal yang menyebalkan adalah masalah jaringan seluler yang kadang-kadang susah, bisa emosi mendadak kalau sedang cari tempat di sudut-sudut ruangan demi mendapatkan jaringan yang bagus. Keluhan jika tinggal di desa/kampung ya begitu. Aksesibilitas terhadap fasilitas umum yang kadang-kadang masih belum merata. Salah satunya adalah jaringan internet. Seperti di desa saya di daerah kecamatan kuwarasan, kebumen masih juga sulit untuk memasang internet kabel dari IndiHome. Padahal jarak dengan jalan utama yang sudah terjangkau tiang-tiang milik IndiHome jaraknya tidak terlalu jauh. 

Namun memang saat ini pihak penyedia layanan internet rumah itu belum memutuskan untuk menjangkau area di desa saya tinggal. Solusinya adalah dengan pemasangan jaringan dengan gelombang radio yang didapat dari penyedia internet lokal. Tapi umumnya layanan IndiHome untuk jangka panjang dan urusan teknis lebih terjamin. Alasan lain yang mungkin dipertimbangkan adalah masih kurangnya minat dari masyarakat untuk memasang jaringan internet di rumah. Orang pedesaan memang biasanya tidak butuh macam-macam yang sebenarnya cuma bisa menambah beban dan pikiran. Bener nggak?





style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-9356193666535237"
data-ad-slot="5812262866"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true">



Modem Telkomsel Orbit

#Overview


Modem Orbit Star Lite Black adalah wireless router yang menggunakan jaringan 4G sebagai sumber koneksi internet utama. Salah satu fitur unggulannya yaitu mampu menghubungkan hingga 32 pengguna. Sehingga membuatnya cukup dibutuhkan di rumah yang terdapat banyak perangkat. Selain itu, modem ini juga telah dilengkapi dengan port dan kabel LAN/RJ-45 jadi bisa digunakan pada perangkat yang tidak memiliki fitur wifi seperti PC dan smartTV. Oh iya, sebelum membeli orbit pastikan cek wilayah masing-masing apakah sudah terjangkau orbit atau belum. Berdasarkan pengalaman saya ketika membeli modem ini saya meminta tolong untuk mengecek apakah daerah saya sudah terjangkau. Katanya, daerah saya belum terjangkau oleh orbit, namun ketika saya melakukan pengecekan secara mandiri melalui website, daerah saya telah terjangkau orbit. Saya pun mengadu kepada customer service tadi, kemudan si cs meyakinkan saya bahwa di wilayah saya telah terjangkau. 

Telkomsel Orbit Star Lite Black dibanderol dengan harga Rp 599.000. Masih lebih murah dibanding dengan kelas di atasnya yang mencapai satu jutaan dengan fitur-fitur yang lebih powerful. Sebenarnya ada varian yang lebih murah lagi, tapi saya lebih pilih model yang satu ini karena penampilannya yang cakep berwarna matte black. 

Sumber jaringan yang didapatkan bersumber dari sim card yang terpasang pada modem, biasanya sudah terpasang dari pabrikan ketika pertama kali beli.

Ukuran router Orbit ini berukuran 135x112.5x46 (mm). Bagian luarnya terbuat dari bahan plastik berwarna hitam. Bobotnya ringan, sedikit solid dan ada terkesan kopong.


Pada bagian depan terdapat deretan 5 lampu indikator, di antaranya yaitu power, koneksi internet, WiFi, LAN, dan sinyal.

Termasuk dalam kemasan pembelian:
  • Modem Orbit Star Lite Black
  • AC Adapter
  • Kartu SIM Orbit
  • Welcome Guide
  • Kabel LAN
  • Kartu Garansi Modem

#Spesifikasi

Berikut Spesifikasi Modem Orbit Star Lite Black:
  • Notion HKM0126
  • Ukuran modem 135x112.5x46 (mm)
  • DL / UL Cat 4
  • 2x2 MIMO LTE
  • 2.4 GHz WiFi
  • 32 Pengguna
  • Up to 15 Mbps
  • 2 Port LAN
  • Garansi 12 Bulan

#Internet Cepat

Sebelum membelinya sebaiknya cek dulu jangkauan orbit di daerah alian melalui web resmi https://www.myorbit.id/jangkauan-telkomsel-orbit .


Gambar di atas adalah kecepatan internet yang saya dapat. Dengan kecepatan segitu rasanya sudah cukup untuk kegiatan online sehari-hari dan lancar-lancar saja. Posisinya di desa ya, dan setelah saya coba pakai di daerah perkotaan hasilnya jauh lebih cepat.

Ketika saya pakai untuk streaming video di youtube rasanya cukup lancar saja di resolusi 480p - 720p. Kondisi saya berada di daerah pedesaan. Tentu sangat mampu dipakai untuk streaming dengan resolusi yang lebih tinggi dengan minim mengalami buffering jika di daerah sedikit perkotaan.

Di era pandemi covid-19 keberadaan internet sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas. Internet yang cepat sangat membantu sekali untuk agar semua aktivitas yang dilakukan secara online minim hambatan bahkan tanpa hambatan sama sekali.


#Internet Stabil

Modem yang satu ini dibekali dengan teknologi WiFi 2.4Ghz, membuatnya mampu memancarkan jaringan berkualitas dan stabil tanpa terputus-putus serta menjangkau luas area rumah. 

Ditambah dengan kecepatan internet yang stabil membuat modem orbit ini sangat bisa diandalkan untuk menunjang kerja sehari-hari, misalnya seperti upload dokumen ataupun mengerjakan data secara remote. Apalagi untuk para blogger seperti saya yang selalu mengandalkan internet sebagai salah satu kebutuhan primer.

#Instalasi Mudah & Kontrol Melalui Aplikasi

Ukurannya yang compact dan portabel menjadikan modem ini cocok bila dibawa berpindah-pindah. Untuk isi ulang paket kita tinggal buka aplikasi orbit untuk membeli paket data sesuai kebutuhan. Selain itu, melalui aplikasi juga dapat melakukan pengaturan basic seperti  mengganti nama SSID WIFI dan password, dan beberapa pengaturan lain.

Kekurangan

Kekurangan dari layanan orbit adalah pilihan paket data yang masih sedikit, selain itu belum tersedia paket data unlimited. Dari segi hardware, Orbit Star Lite Black tidak memiliki antena pemancar tambahan.

Itu dia review modem orbit star lite black. Modem ini bisa untuk menunjang aktivitas kerja ataupun sekolah karena memiliki kualitas jaringan dan kecepatan internet yang bagus. Secara keseluruhan modem ini sangat layak dan bisa diandalkan. Tapi tidak ada jaminan kecepatan internet yang didapatkan akan sama karena tergantung kondisi lokasi.
34 komentar
  1. Di tempat kami IndiHome baru mulai tampil dan mengenal diri di tengah masyarakat pedesaan.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. buat kerja secara remote masih lancar kok

      Hapus
  3. Reviewnya dibuat konten video mas Amir,
    ngak perlu menampilkan wajah juga bisa.

    Kebanyakan orang cari review di youtube,
    lumayan juga ini bisa dijadikan investasi konten.

    BalasHapus
  4. Telkomsel tuh bagus, hadir modem ini bisa jadi solusi bagi pedesaan untuk lebih go digital, cuman sayang secara biaya masih termasuk yg cukup mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga device-nya memang agak mahal di depan. tapi setelah itu tinggal beli paket data aja

      Hapus
  5. Saya juga punya orbit mas. Cukup enak dan fleksibel kalo mau dibawa kerja dari mana aja. Kecepatannya juga lumayan bagus even di beberapa tempat yang remote.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayangnya tidak dilengkapi dengan kemampuan menggunakan daya baterai. jadi, walaupun sangat portable, tetep kudu cari colokan

      Hapus
  6. Keren ya Orbit ini. Semoga bisa menjangkau makin banyak orang agar semakin siap untuk era digital ini.

    BalasHapus
  7. saya baru denger ada orbit star, kalau tempat remote apakah sinyalnya masih oke?

    BalasHapus
  8. Wah, saya juga sempat minat membeli ini, tapi saya masih ragu soal kuota datanya, takut ke depannya provider seenaknya mengubah paket data yang mahal2.

    Apakah ini bisa dipakai selain telkomsel Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bisa untuk provider lain tapi harus melakukan penyesuain lanjutan

      Hapus
  9. suparjo I elfaaza.com21 September 2022 pukul 11.01

    Dibanding dengan jasa-jasa wifi rumahan yang ada di desa saya, orbit ini jauh lebih murah dgn harga 600an ribu, apalagi infonya ada yang lebih murah. Kalo ditempat saya jasa pasang, peralatannya saja 1jt-1,5jt dengan bulanan Rp.100rb. Tapi seiring waktu sinyalnya kadang kurang bagus. Saya sebenarnya tertarik dengan orbit untuk solusi internet rumahan, tapi sayangnya sampai saat ini kampung saya belum masuk area jangkauannya :(

    BalasHapus
  10. Waah keren yaa orbit. Sejauh ini belom pernah coba sih. Semoga semakin menjangkau banyak titik di seluruh Indonesia

    BalasHapus
  11. Cocok banget dengan saya yang tinggal di pedesaan. Dengan spesifikasi segitu kalau dipakai WFH masih aman ya mas?

    BalasHapus
  12. Kak, ini bisa pakek kartu sim dari provider lain gak? Soalnya di sini yg bagus sinyal data yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya bisa untuk provider lain tapi harus melakukan penyesuain lanjutan

      Hapus
  13. Sya blum pernah coba produk ini nih, kira2 kalo digunakan utk keperluan perkantoran apakah bagus? Smoga bisa yaa..

    Trimakasih telah berbagi informasinya ya, smoga bermanfaat bagi teman2 yg lain jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk kantor mending beli dengan spek yang lebih tinggi. di atas 1jt an

      Hapus
  14. Ini oke neh untuk anak-anak kuliahan. Bisa patungan sama temen rame-rame pas dikostan hehehehe. Dulu belum sanggup aku beli beginian, padahal kepikiran banget pengen ini biar bisa nulis skripsinya lancar jaya. Sekarang lebih milih pakai indihome di rumah.
    nice info makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, mending pake indihome kalau yang udah terjangkau lokasinya

      Hapus
  15. Wah pake orbit dari Telkomsel ngebantu banget ya untuk daerah daerah yang belum terjangkau penyedia internet lain, pasangnya juga mudah dan yang paling penting lancar ya internetnya makasih infonya

    BalasHapus
  16. Ini masih memerlukan sinyal 4G dari jaringan telkomsel layaknya smartphone kah? atau berbeda sehingga dengan sinyal telkomsel yang minim, alat ini bisa berfungsi dengan baik untuk internet yang memadai? maaf, saya belum familiar dengan modem seperti ini. yang saya pikirkan adalah biaya operasionalnya versus mengunakan smartphone biasa sebagai modem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggunakan modem khusus tentu lebih efisien karena hanya fokus menerima dan menyebarkan bandwith. tentu lebih stabil dibanding harus tathering menggunkan ponsel. selain itu juga menggunakan modem ini always on.

      Hapus
  17. Modem wifi Telkomsel ini memang andalan banget yaa..
    Aku setuju banget sih dengan jaringan yang lancar, no ng-lag dan luas. Aku juga punya 1 kekurangan sebagai pengguna Telkomsel nih..

    **Kuota cepat habis.
    huhu...karena saking lancarnya menggunakan jaringan internet Telkomsel, jadi kalau browsing lancar dan jadi lupa waktu sehingga kuota jadi cepet banget ludes.

    BalasHapus
  18. Pemandangan desa indah tapi internet susah. Kemarin saya ngerasain waktu ke Kintamani. Untungnya, ada Telkomsel Orbit yang bisa membantu, ya. Semoga ke depan bisa memperbaiki kekurangannya.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Di rumah saya sih udah pake Indihome ya. Cuma emang sekarang Indihome itu ada aja masalahnya. Sering ngelag, wifi tiba2 ga nyala. Entah sih kenapa.

    Pengem gamti cuma masih bingung mau yg mana. Banyak yg blg orbit oke. Tp ya itu saya ga tau udah masuk belum di tempat saya.

    Boleh lah di ceki2 ga.. semoga udah masuk nih. Karena kebetulan aktifitas penggunaan internet dirumah saya sangat banyak dan aktif. 2 WFH, 3 SFH.

    Semoga orbit oke nih

    BalasHapus
  21. Wah baru tahu telkomsel mengeluarkan modem orbit dengan kecepatan super mekanik. Apa modem nya bisa dibawa kemana mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dibawa ke mana-mana tapi mesti cari colokan karena gak dilengkapi baterai

      Hapus

Tinggalkan jejak dong bray!